Cara Membuat Ketupat Lebaran

Tidak terasa lebaran tinggal menghitung hari, kalau nggak salah lebaran tahun 2015 ini jatuh pada hari Jum'at tepatnya tanggal 18 Juli 2015. Sudahkah anda persiapan untuk menu-menu di hari raya yang indah ini. Menu khas lebaran diantaranya adalah ketupat, sudahkah anda mencoba untuk membuat ketupat lebaran ini. Jika belum, lets try it!
ketupat merupakan makanan khas yang sangat identik dengan hari raya. Jika biasanya ketupat hanya memiliki rasa yang biasa. Kali ini saya akan memberikan resep ketupat yang memiliki rasa gurih dan enak. Penasaran bagaimana membuat ketupat yang gurih dan enak? Simak resepnya berikut ini. 

Bahan
800 gram beras yang telah dicuci bersih dan ditiriskan
20 butir ketupat 
3 liter santan kelapa dari 2 butir kelapa ukuran sedang 
Garam (secukupnya, kira-kira setengah sendok makan)

Cara Membuat
  • Isi setiap ketupat dengan beras (1/3 bagian)
  • Siapkan air santan dan garam. Panaskan panci dan masukkan santan kelapa serta garam. 
  • Masukkan ketupat satu persatu ke dalam panci dan pastikan semuanya terendam air dengan baik. 
  • Rebus ketupat ini di atas api sedang selama 3 sampai 4 jam. Jika selama merebus airnya akan habis, tambahkan air panas di dalamnya dan tunggu ketupat hingga matang sempurna. 
  • Aduk ketupat agar semua ketupat matang merata. 
  • Jika ketupat sudah matang, angkat ketupat, tiriskan dan biarkan ketupat dingin. 
  • Ketupat pun siap untuk disajikan.
Demikianlah cara membuat ketupat yang gurih dan enak. Ketupat ini akan lebih nikmat jika disantap bersama opor ayam, sayur lodeh nangka muda atau sayur lodeh kuah santan lain. Selamat mencoba resep ini dan dapatkan ketupat gurih dan enak untuk para keluarga tercinta di hari lebaran. Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin.

6 Responses to "Cara Membuat Ketupat Lebaran"

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.