Tips Memasak Sayuran Agar Tetap Sehat

Perlu kiat khusus dalam memasak sayur. Salah mengolah, kandungan gizi dan mineral yang berada didalamnya bisa merusak atau bisa menguap secara cuma-cuma. Cara sehat yang dianjurkan adalah mengkonsumsi sayuran segar tanpa dimasak. Hanya saja, kadang mencuci sayuran hingga bersih pun tak cukup membunuh bakteri dan kuman yang ada dalam sayuran. Disamping itu tidak semua orang cocok makan sayuran mentah. Berikut beberapa kiat memasak sayur agar kandungan nutrisinya tetap terjaga baik meskipun harus bersentuhan dengan suhu tinggi saat pengolahan.

  1. Memanggang
    Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayurn. Saat mmanggang sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.
  2. Mengukus
    Mengoolah sayuran dengan mengukus mungkin adalah cara terbaik untuk memasak seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.
  3. Tekanan Tinggi/Presto
    Memasak sayur dalam tekanan tinggi atau menyingkat waktu memasak  sehingga dapat menyimpan nutrisi. Masalahnya, jika anda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akn berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan yang berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda. Kalau bisa hindari memasak dengan presto.
  4. Menumis
    Ini adalah salah satu cara cepat memasak sayur diatas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Diatas wajan melengkung pun bisa. Tapi ingatlah, ketika memasak sayur dengan minyak, vitamin akan larut  dalam lemak mungkin berakhr bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.
  5. Memasak tanpa air
    Metode ini untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci. Cara ini bisa membutuhkan waktu hingga lima menit.
  6. Merebus
    Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkn karena resiko nutrisi yang ada dalam sayuran tersebut akan hilang dengan sia-sia. Jika anda harus tetap menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dn masaklah sesingkat mungkin .

0 Response to "Tips Memasak Sayuran Agar Tetap Sehat"

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.