Cara Membuat manisan Nanas Kering

Cara pembuatan manisan nanas kering, adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah tiga buah nanas yang tua, tetapi setengah matang, brwarna hijau sedikit kuning, masih keras dan tidak terdapat luka atau serangan hama dan penyakit. Kemudian, timbang gula pasir sebanyak 1 kg.
  2. Buatlah larutan garam 20%. Timbanglah 200 gr garam dapur, kemudian dilarutkan ke dalam air sampai volumenya mencapai 1 liter (1.000 ml).
  3. Buatlah larutan gula. Timbang gula pasir sebanyak 1 kg. Rebuslah air 1 liter dan setelah mendidih masukan 1 kg gula dan 2 gram asam sitrat, kemudian diaduk hingga larut. Selanjutya disaring dengan kain saring. Timbang 5 gram Na Benzoat, kemudian masukkan ke dalam larutan gula dan diaduk sampai larut dan merata.
  4. Buatlah larutan kapur. Timbang kapur sebanyak 50 gram, larutkan dalam 1 liter air, kemudian disaring. Air kapur yang bersih di tampung.
  5. Kupaslah kulit buah nanas dengan pisau baja anti karat yang tajam dan buang mata buahnya. Kemudian dicuci dengan larutan garam 20%. (no.2)
  6. Iris-irislah buah nanas menurut selera dengan ketebalan 1/2 cm.
  7. Rendam buah nanas dengan air kapur selama 30 mnt. Pada tahap ini diharapkan buah nanas tetap segar dan bertambah keras. Setelah 30 menit, buah nanas diambil dengan cara menyaring.
  8. Lakukan blanching dengan air mendidih. Rebuslah air sebanyak 3 liter sampai mendidih. Masukan buah nanas ke dalam air yang sedang mendidih selama 5 mnt. Kemudian, angkat dan tiriskan.
  9. Masukan potongan buah nanasyang sudah di blanching ke dalam larutan gula, kemudian dipanaskan dengan api kecil sambil dilakukan pengadukan pelan-pelan.
  10. Ambil potongan buah nanas apabila telah berwarna kuning mengkilap dan sirup sudah meresap dalam daging buah nanas.
  11. Keringkalnlah buah nanas pada sinar matahari atau pada pengering buatan. Jika pengeringan buah nanas dilakukan dengan pengeringan buatan maka pengeringan dilakukan pada suhu 65 derajat selsius. Taburilah dengan gula pasir yang sedang dikeringkan setiap 1/2 jam sekali. Lakukanlah pembalikan pada pertengahan pengeringan. Pengeringan diakhiri jika buah nanas sudah kering (tdk berair) dan dilihat tidak lembek.
  12. Setelah kering, manisan nanas dikemas dalam toples atu plastik dan siap di jual.
Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat manisan Nanas Kering"

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.